Monday, October 3, 2011

Note of 1st Class

YOU MUST KNOW !!
  • Iklan merupakan profesi kedua tertua setelah prostitusi. 
  • WOM (Word Of Mouth) merupakan cara pengiklanan paling powerful.
  • Apa itu periklanan ? Upaya produsen (penyedia barang atau jasa) untuk meng-KOMUNIKASI-kan tentang produk yang ditawarkan kepada masyarakat luas.
  • Periklanan bertujuan untuk mempengaruhi hingga mendorong orang untuk bertindak (membeli produk).
  • Periklanan merupakan elemen penting dalam penjualan (marketing).
  • Iklan menciptakan identitas merk (brand personality) dan memberikan nilai lebih pada produk (memberi nyawa, harapan, dan identitas). Iklan mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk.


Peran periklanan :
  1. Kunci dalam membangun hubungan mesra antara merk (brand) dan konsumen.
  2. Penerjemah bahasa produsen ke konsumen.
  3. Membangun identitas produk dalam pemikiran konsumen. Contoh : Aqua sebagai air mineral, Levi's sebagai jeans.
  4. Menarik simpati antara produsen dan konsumen.


Prinsip-prinsip Periklanan:
  1. Iklan yang baik menghargai perhatian konsumen, dibuat dengan ide-ide yang baik.
  2. Tanggapan konsumen adalah titik awal dalam merencanakan dan menciptakan iklan.
  3. Periklanan bukan semata-mata mengirimkan pesan kepada konsumen. Namun, menciptakan rangsangan yang tepat dan meninggalkan tanggapan atau respon yang diinginkan.
  4. Periklanan hanya bisa dibuat khusus untuk satu macam produk atau jasa.









No comments:

Post a Comment