Friday, October 7, 2011

Pertemuan Keempat : Target Marketing.


TARGET MARKETING



Analisa segmentasi membagi pasar menjadi segmen-segmen sejenis. Sedangkan target marketing merupakan konsentrasi pemasarannya pada satu atau beberapa segmen atau kelompok tertentu.
Sehingga dapat dikatakan, Target Marketing merupakan tahap selanjutnya dari proses analisa segmentasi.

Target market memudahkan penyampaian pesan secara lebih tepat dan menghindari pesan jatuh pada kelompok di luar target market yang dituju.


KRITERIA MEMILIH TARGET MARKET YANG OPTIMAL, yakni :

1. Responsif
Pasar yang dituju harus responsif terhadap produk yang akan diluncurkan.
Responsif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti : merespons; bersifat menanggapi; tergugah hati; bersifat memberi tanggapan (tidak masa bodoh).
Sehingga untuk mendapatkan respon positif mau pun negatif terhadap suatu produk perlu diketahui target market yang tepat sebelumnya. 
Responsif pasar diketahui bisa dengan bantuan riset pasar atau melakukan jajak pendapat dengan mengacu pada segmentasi pasar konsumen.
(Jadi jangan memilih target produk ditergen/sabun cuci pada kelompok pengusaha, melainkan pilihlah kelompok ibu rumah tangga.)

2. Potensi Penjualan
Potensi ini tidak hanya dihitung dari jumlah populasi, tetapi juga ditentukan oleh daya beli dan keinginan pasar untuk memiliki suatu produk.
Keinginan harus diciptakan dengan mempertimbangkan kesiapan pasar menerima produk, kelayakan produk dan kemampuannya meningkatkan kepuasan konsumen.
Maka dari itu guna mendapatkan target potensi penjualan yang baik dibutuhkan persiapan analisa awal dan pertimbangan yang matang.


3. Jangkauan Media
Media promosi memiliki pengaruh besar terhadap tercapainya hasil optimal dari pemasaran suatu produk. Target market harus dapat dicapai dengan optimal sehingga perlu perencanaan media iklan yang tepat serta memahami karakter media tersebut.

4. Sensitifitas Terhadap Pasar
Pasar selalu berubah atau dapat dikatakan bersifat dinamis. Maka dari itu guna mempertahankan sebuah target market perlu selalu memantau keadaan dinamika pasar secara konsisten.


No comments:

Post a Comment