Friday, October 7, 2011

Pertemuan Kelima : Positioning Again :)


Let's talk about POSITIONING again !! :)


Era periklanan menurut Ries & Trout,
  • Masa Product Oriented: pada masa ini ide kreatif dalam periklanan adalah tertuju pada bagaimana menunjukan karakteristik, fitur dan kelebihan sebuah produk daripada produk pesaingnya.Teori kreatif pada masa ini di kemukakan oleh Rosser Reeves dari biro iklan Ted Bates.Teorinya kemudian berkembang menjadi sebuah istilah yang kita kenal sebagai USP(unique selling preposition) yaitu menjual kelebihan suatu produk dengan cara yang berbeda. Pada era ini bisa disebut sebagai Brand Positioning atau Product Positioning.


  • Masa Image Oriented: setelah USP sudah tidak ampuh lagi sebagai senjata andalan dalam periklanan maka timbul Sebuah cara baru dalam periklanan. Menggunakan citra pandangan masyarakat atau disingkat dengan image, digunakan dalam membedakan sebuah produk dengan pesaingnya. Teori ini dikemukakan oleh David Ogilvy. Pada masa ini bisa disebut sebagai Brand Image.





  • Masa Positioning Oriented: pada masa ini produk tidak lagi memakai citranya dalam periklanan, tetapi bagaimana cara kita sebagai seorang kreatif periklanan menempatkan sebuah citra produk dalam pikiran masayarakat. Teori ini dikembangkan oleh Al Ries & Jack Trout yang kemudian berkembang dengan istilah Positioning Product.
 

Jadi dapat disimpulkan,
Pada Masa Product Oriented, Keunikan suatu produk menjadi senjata ampuh.
Masa Image Oriented, Citra produk digunakan sebagai pengiklanan sehingga disesuaikan dengan masyarakat.
Masa Positioning Oriented, Bagaimana menempatkan citra produk dalam pikiran masyarakat (brain wash). Biasanya memerlukan Power yang kuat.




POSITIONING : penempatan sebuah nama atau merek dalam benak konsumen, sehingga nama atau merek tersebut menjadi sebuah citra tersendiri dalam benak konsumen.

Sebuah pesan iklan akan sangat cepat sekali hilang dalam benak konsumen, dikarenakan banyaknya iklan dari sebuah merek baru yang masuk ke dalam pikiran konsumen. Semuanya memperebutkan diri untuk masuk dan bisa tinggal dalam pikiran konsumen.



Bagaimana positioning menjadi senjata ampuh?
1. Menjadi yang PERTAMA dalam sebuah kategori.
2. Jika tidak bisa bentuk kategori baru (be creative and unique) dan jadilah yang pertama pada kategori itu.





POSITIONING PEMIMPIN

Pemimpin ada karena adanya pengikut. 

Jadi pemimpin pasar tidak seharusnya mengusir para pesaing dari pasaran, namun selalu mengusahakan menjadi 'YANG TERBAIK'.
Lagi pula produk nomor satu membutuhkan pesaing untuk membuktikan bahwa produknya lebih baik, bahkan yang terbaik.
Pesaing membuat kita maju dan berkembang.
Semua orang dapat menjadi pemimpin. Bahkan produk baru pun dapat menjadi pemimpin atau paling tidak berkembang pesat jika memiliki strategi yang baik (apa yang dianggap 'salah' dapat menjadi 'benar' di tangan yang tepat).


Pemimpin sebuah pasar tidak akan membiarkan pesaingnya bertindak radikal untuk menjadi nomor satu. Pemimpin pasar yang cermat akan segera menutup lahan pemasaran dengan produknya. Bahkan menutup dengan berbagai macam merek baru, untuk menghadapi pesaingnya.
Dengan teknik ini maka para konsumen akan menjadi binggung dikarenakan banyaknya merek-merek pilihan dalam satu kategori yang harus dipilihnya.
Contoh :Toyota menggunakan nama LEXUS dengan tujuan menutup pasar mobil bertipe jeep.

Kekuatan sebuah merek produk tidak datang dari organisasinya.
Kekuatan organisasi datang dari merek sebuah produk. 
Sebuah merek produk bisa menjadi kuat dan dikenal dalam masyarakat dikarenakan produk tersebut bisa menampilkan secara pribadi sosok produk yang cocok dan disukai dengan konsumen.


Ketika sebuah merek produk menjadi kuat dan dikenal dalam masyarakat maka organisasi perusahaan produsen produk tersebut yang akan semakin terkenal dan dikenal karena merek produk mereka.


Maka, Jadilah yang terbaik pada kategori anda saat ini. "when other serve with excellent service, give AMAZING service !!"
Jangan takut akan konflik atau persaingan karena itulah yang membuat anda berkembang dan maju. Tapi tetaplah ingat apa yang terpenting bagi anda. Capailah Kemenangan, Kepuasan, dan Kesuksean yang membawa pada Kebahagiaan anda, bukan kebahagiaan mereka.
Jangan hidup dari kata orang, mendingan dari kata Tuhan. :p
Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menang dan SUKSES "Jika dia bisa, mengapa Anda tidak?" Anda dapat lakukan setiap hal, hanya coba dan pelajari. Langit adalah batas dari kemampuan kita. :) Jangan menyerah!
Harimau mati meninggalkan belang. Gajah mati meninggalkan Gading.
Anda dilihat dari 'produk' yang anda tampilkan dan tinggalkan.

No comments:

Post a Comment