Pertemuan kedua ini menjelaskan bahwa ternyata Periklanan merupakan bagian kecil dari Pemasaran.
Di sini saya akan membahas lebih lanjut mengenai arti Periklanan dan Pemasaran, serta bagaimana keduanya dapat berhubungan. Kemudian akan dibahas unsur pendukung konsep pemasaran itu sendiri dan mengupas lebih dalam mengenai Marketing Mix.
Pembaca yang terhormat, silakan menikmati 'makanan' mata kuliah Dasar-Dasar Periklanan kami.
Naikkan kaca mata anda, fokuskan pikiran anda, mari kita BELAJAR....
Advertising in Marketing (Periklanan dalam Pemasaran)
Jika di tulisan pertama saya dalam ''Pertemuan Pertama - Build Your Own Brand'' lebih mengulas tentang periklanan secara personal, pada tulisan kedua ini periklanan akan diulas secara lebih umum.
Pertama mari kita mengenal kembali pengertian dari Periklanan, yakni :
Komunikasi komersial dan non-personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media, bersifat massal.
Intinya sih periklanan tetap, Upaya produsen (penyedia barang atau
jasa, baik personal mau pun organisasi) untuk meng-KOMUNIKASI-kan produk yang ditawarkan kepada masyarakat
luas.
Contoh media periklanan : televisi, radio, koran, majalah, direct mail, reklame luar ruang, blog, jejaring sosial, dan apa pun yang bisa menkomunikasikan anda dengan publik.
Terdapat dua bagian periklanan :
- Above The Line (ATL) : Media Lini Atas. Jangkauan lebih luas tetapi memerlukan biaya lebih besar.
- Below The Line (BTL) : Media Lini Bawah. Jangkauan lebih sempit namun memerlukan biaya yang lebih kecil.
JUST INFO
Definisi Periklanan
Menurut AMA (American Marketing Association), periklanan adalah bentuk
presentasi yang di bayar dari non-personal dan promosi gagasan,
barang-barang atau jasa dari sponsor yang jelas.
Menurut Indonesian Association of Advertising agencies (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia), Periklanan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan melalui suatu media, di biayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian/ seluruh masyarakat.
Menurut Indonesian Association of Advertising agencies (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia), Periklanan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan melalui suatu media, di biayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian/ seluruh masyarakat.
Kenali PEMASARAN..
Definisi Pemasaran
Menurut AMA (American Marketing Association), pemasaran adalah proses perancangan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi
dan distribusi gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang
memuaskan individu (konsumen) dan tujuan organisasi.
"Marketing is not the art of finding clever ways to dispose of what you make. It is the art of creating genuine customer value." Philip Kother, Bapak Pemasaran.
Pemasaran Menurut H. Nystrom
Pemasaran merupakan suatu kegiatan Penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Hubungan Periklanan dan Pemasaran
Periklanan merupakan bagian kecil dari pemasaran.
Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang lebih luas menyangkut tentang pengadaan produk hingga menyalurkannya ke tangan konsumen.
Sedangkan Periklanan merupakan alat dari pemasaran. Di mana melalui periklanan, produk di-Komunikasi-kan ke masyarakat.
Tiga unsur pendukung konsep pemasaran
- Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Contoh: Fasilitas m-banking BCA disetiap hampir kartu GSM ponsel.
- Mengupayakan koordinasi pemasaran di seluruh organisasi. Unsur penelitian dan pengembangan, keuangan, manufaktur dan turut mendukung pemasaran.
- Pencapaian tujuan jangka panjang mempertahankan unsur produk. Mempertahankan image dibenak konsumen.
MARKETING MIX
Merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.
A. Product
Perencanaan, Bagaimana dan seperti apa produk akan ditampilkan.
Pengembangan, Desain packaging dan merek sesuai citra.
Pengolahan, Penggunaan dan pengelolaan barang yang berkualitas sesuai dengan permintaan pasar (pangsa pasar).
Produk yang baik memperhatikan nilai-nilai yang dapat diterima dan disukai oleh konsumen (Customer Value).
B. Price
Harga harus baik karena menentukan penerimaan perusahaan, keuntungan untuk jangka pendek dan jangka panjang. Harga juga harus mendukung citra produk di mata konsumen.
C. Place
Mengusahakan agar produk berada di tempat dan pada waktu yang tepat guna memberikan kenyamanan dan kemudahan pada konsumen (Convenience). Produk yang bagus jika sulit didapat akan menjadi percuma. Meliputi saluran distribusi, jangkauan distribusi, penyediaan barang, lokasi dan transportasi.
D. Promotion
Mengusahakan agar produk dapat dikenal masyarakat (paling baik, jika melekat dalam benak konsumen dan menghasilkan konsumen tetap) dan merencanakan, mengusahakan agar konsumen dapat memilih produk yang ditawarkan.
Periklanan, guna mengkomunikasikan produk, berada pada variabel promotion ini.
Terdapat 2 Variabel lainnya, yakni :
E. Public Relation
Public Relation adalah salah satu fungsi penting dalam membantu pemasaran. Peran public relation (PR) berlaku menghubungkan antara perusahaan dengan konsumen.
Tujuannya yakni mengembangkan pengertian dan kemauan baik (goodwill) publik, serta memperoleh opini publik yang menguntungkan. Berkaitan erat dengan pembangunan citra di mata konsumen.
Pengembangan, Desain packaging dan merek sesuai citra.
Pengolahan, Penggunaan dan pengelolaan barang yang berkualitas sesuai dengan permintaan pasar (pangsa pasar).
Produk yang baik memperhatikan nilai-nilai yang dapat diterima dan disukai oleh konsumen (Customer Value).
B. Price
Harga harus baik karena menentukan penerimaan perusahaan, keuntungan untuk jangka pendek dan jangka panjang. Harga juga harus mendukung citra produk di mata konsumen.
C. Place
Mengusahakan agar produk berada di tempat dan pada waktu yang tepat guna memberikan kenyamanan dan kemudahan pada konsumen (Convenience). Produk yang bagus jika sulit didapat akan menjadi percuma. Meliputi saluran distribusi, jangkauan distribusi, penyediaan barang, lokasi dan transportasi.
D. Promotion
Mengusahakan agar produk dapat dikenal masyarakat (paling baik, jika melekat dalam benak konsumen dan menghasilkan konsumen tetap) dan merencanakan, mengusahakan agar konsumen dapat memilih produk yang ditawarkan.
Periklanan, guna mengkomunikasikan produk, berada pada variabel promotion ini.
Terdapat 2 Variabel lainnya, yakni :
E. Public Relation
Public Relation adalah salah satu fungsi penting dalam membantu pemasaran. Peran public relation (PR) berlaku menghubungkan antara perusahaan dengan konsumen.
Tujuannya yakni mengembangkan pengertian dan kemauan baik (goodwill) publik, serta memperoleh opini publik yang menguntungkan. Berkaitan erat dengan pembangunan citra di mata konsumen.
F. Power
Kekuatan yang dimaksudkan adalah kekuatan keuangan. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam persaingan perdagangan saat ini membutuhkan banyak biaya. Semakin ingin suatu produk melekat di benak masyarakat, semakin dibutuhkan kreativitas dan kekuatan keuangan yang besar.
No comments:
Post a Comment