Thursday, October 6, 2011

Pertemuan Ketiga Part 2 : Pasar & Adv Modern.


PASAR

Pasar adalah tempat di mana terjadi pertukaran antara penjual dengan pembeli, pasar yang kita bicarakan berarti daerah di mana barang-barang dijual, dan terdiri dari berbagai macam tipe pembeli.

Terdapat 4 tipe pasar yaitu 
 1. Consumer Market
Terdiri dari orang-orang yang membeli produk dan servis untuk keperluan pribadi atau keperluan keluarga.

2. Bussiness to Bussiness
Perusahaan yang membeli produk untuk digunakan sebagai operasional produksi mereka.

3. Instutional Market (Pasar Institusi)
Terdiri dari perusahaan laba dan non-laba dari variasi yang luas, contohnya Rumah Sakit, sekolah. lembaga pemerintah yang menyediakan keperluan masyarakat.

4. Reseller (Pengecer)
Merupakan faktor tengah berupa distribusi atau pengecer itu sendiri yang membeli produk setengah jadi maupun jadi untuk di jual kembali dan mengambil keuntungan darinya.





ADVERTISING MODERN

Advertising berasal dari kata Ad-vertere dan Reklame


Ad-vertere : mengalihkan suatu pandangan


Reklame (Latin)
re : berulang-ulang, clamo : berteriak atau berseru.
Reklame = seruan yang diulang-ulang.


I'lan (Arabic) : pengumuman

Advertising adalah iklan yang cepat, berbeda dengan PR dan Jurnalism.
Berbeda dengan seni, Advertising memiliki tujuan yakni memberikan informasi tentang produk (barang atau jasa) tertentu sehingga konsumen dapat menjatuhkan pilihan yang relevan.
Tanpa adanya Advertising, Tidak adanya Pilihan (choosing), Maka tidak adanya Pembelian (Buying).


IKLAN
Penyampaian suatu gagasan, produk atau jasa.
Ditujukan kepada khalayak sasaran
Melalui media massa
Mengharapkan hasil atau keuntungan tertentu
Memiliki sponsor yang jelas. Sponsor : Produsen, yang memiliki Power.


JENIS IKLAN
  • Iklan Komersial : Mendukung sebuah produk (barang atau jasa), melalui media konvensional maupun new media (WOM), ada profitnya.
  • Iklan non-Komersial : Merupakan bagian dari kampanye social marketing yang bertujuan "menjual" gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat (public service). Contoh: Iklan lowongan pekerjaan, duka cita, orang hilang, dsbnya.
  • Iklan Layanan Masyarakat (ILM) atau Public Service Advertising (PSA) : pesannya berupa ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau mengubah kebiasaan/perilaku masyarakat dari tidak baik menjadi baik.
  • Iklan Corporate : bertujuan untuk membangun citra atau image positif atas produk suatu institusi. Biasanya dibantu oleh Public Relation dan membutuhkan banyak bukti berupa fakta-fakta yang kuat mendukung pembangunan citra tersebut (banyak yang menggunakan testimonial para ahli dalam bidang masing-masing, misalnya : produk pasta gigi, menggunakan testimonial dokter gigi). Serta sering kali dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang berorientasi pada kepentingan masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat. Contohnya : pemeriksaan gigi gratis untuk kaum miskin disponsori oleh Pepsodent.

No comments:

Post a Comment